3 Tools untuk Mendeteksi Malware di Plugin & Theme WordPress

Malware pada WordPress merupakan hal yang perlu kalian perhatikan penuh, dikarenakan sebuah virus atau malware ini akan sangat berbahaya, jika terdapat di dalam website kalian ya sobat. Untuk malwarenya sendiri yang paling berbahaya yaitu ialah Malware Trojan. Malware jenis ini dapat masuk ketika kalian ini mengunduh Theme maupun Plugin Gratisan di Google, Namun ada juga yang aman.

Tidak bisa dipungkiri Theme maupun Plugin yang gratisan ini memiliki banyak peminat, namun untuk kalian yang memiliki pengetahuan tentang pemrogaman bisa santai dibandingkan dengan yang minim pengetahuan tentang pemrogaman tersebut.

Read More

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan 3 tools untuk mendeteksi virus pada WordPress kalian. Penasaran bukan, Yuk simak 3 toolsnya tersebut.

3. Quttera

Pada Tools ini menawarkan proses scanning gratis alias tidak berbayar yang bisa kalian nikmati untuk mendeteksi adanya virus maupun malware pada website kalian.

Kalian bisa melakukan proses scaning wibsite anda Disini.

2. Sucuri

 

Tidak kalah ketinggalan, Seorang Progammer dari OSSEC yang bernama Daniel Cid ini juga membuat sistem Pendeteksi Virus atau Malware yang diberi nama dengan Sucuri.

Sucuri inipun berkembang dengan sangat cepat dan juga menyediakan proses scanning Virus atau Malware secara Gratis dan juga bagi kalian pengguna CMS WordPress juga tersedia Plugin Gratisnya juga.

Sucuri juga menyediakan jasa untuk memonitoring website kalian dari Malware, tetapi ya kalian tahu sendiri lah, ada budget untuk ini. Kalian bisa menscan website kalian Disini.

1. VirusTotal

VirusTotal ini dari pihak Google, yang artinya tools ini juga merupakan layanan dari pihak Google itu sendiri. VirusTotal berbeda dari layanan yang saya sebutkan diatas tadi.

VirusTotal ini memanfaatkan pendeteksian Antivirus untuk menemukan sebuah Virus atau Malware pada Website, Plugin dan juga Theme. Kalian disini bisa men Scanning Plugin, Theme maupun Website kalian.

Jika website kalian sudah terlanjur terkena malware maupun virus Trojan, kalian jangan panik, cukup dengan MemBackup terlebih dahulu, kemudian hapus theme maupun plugin kalian yang kemungkinan terdeteksi Virus dan jangan lupa menghapus sisa – sisa Theme dan Plugin tersebut di Database.

Related posts