Bahaya Tidur Setelah Sahur

  • Whatsapp

Yo, sobat blogging pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa dampak negatif Bahaya Tidur Setelah Sahur. Ternyata dari ilmu gizi dan kesehatan, tidur setelah makan sangat tidak dianjurkan bahkan dalam kategory dilarang keras karena dampak buruknya bagi kesehatan tubuh kita.

Gastroesophageal Reflux Disease (Gerd) atau Refluks Asam Lambung. Refluks ini terjadi karena katup antara perut dan kerongkongan tidak menutup secara sempurna. Hal ini biasanya disebabkan oleh pengaruh grafitasi yaitu perubahan posisi kalian setelah makan sahur. Posisi terlentang dapat menyebabkan makanan yang belum sempurna dicerna dapat berbalikdari lambung ke kerongkongan.

Bahaya Tidur setelah sahur

Makanan ini membawa serta Asam Lambung, sehingga keberadaan Asam Lambung di kerongkongan dapat menimbulkan iritasi, bahkan luka. Rasa panas di dada, Tenggorokan panas, Mual, Sendawa, dan mulut pahit merupakan gejala-gejala yang menandakan adanya Refluks ini. Tentunya hal tersebut membuat rasa tidak nyaman saat kalian berpuasa.

Bahaya Tidur Setelah Sahur

Gerd dapat dicegah dengan menunggu makanan dicerna secara sempurna terlebih dahulu, sebelum kalian tidur. Normalnya, pengosongan lambung manusia berlangsung sekitar dua jam setelah makan. Namun posisi berbaring saat kalian tidur dapat memperlambat proses pengosongan lambung tersebut. Jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus maka akan terjadi gangguan pencernaan bahkan bisa lebnih parah lagi.

Baca Juga Cara Mengatasi Telapak Tangan yang Berkeringat

Bahaya Tidur setelah sahur

Bahaya ini juga dapat menyebabkan resiko terkena kegemukan, perut buncit, serangan jantung dan Stroke. Lebih bahanya lagi penyakit ini dapat meyebabkan kematian pada penderitanya. Oleh karena itu sahabat blogging, alangkah baiknya jika kita menghindari kebiasaan-kebiasaan tidur setelah sahur dikurangi bahkan kalau perlu dihilangkan.

Tak heran jika banyak ulama berpendapat tidur setelah sahur tidak dianjurkan atau dilakukan. Setelah sahur alangkah baiknya kita melakukan :

  • Sholat Subuh
  • Baca Al Qur’an
  • Dzikir
  • Olahraga Ringan
  • Beres-beres Rumah

Melakukan hal diatas membuat pahala kita berlipat ganda jika dibandingkan dengan tidur yang mana akan membawa penyakit bagi tubuh kita. Maka dari itu Atur pola tidur anda agar tidak mengantuk setelah sahur.

Semoga Artikel tentang Bahaya Tidur setelah sahur dapat bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *