6 Cara Memilih Keyword Yang Tepat Untuk Pemula

  • Whatsapp

Cara Memilih Keyword Yang Tepat pada sebuah artikel merupakan seuatu hal yang sangat penting bagi SEO ( Search Engine Optimation), walaupun hal tersebut sering kali disepelekan oleh para pemula yang baru saja memasuki dunia Blogger.

Pemilihan sebuah keyword atau kata kunci yang tepat, dapat mempengaruhi jumlah trafik serta pengunjung yang sedang mencari informasi tentang keyword tersebut. Simplenya saja seperti ini, Ketika kalian disini sedang mencari informasi tentang “Menurunkan Berat Badan” pastinya di google akan muncul berbagai keyword suggestion atau yang sering dipanggil dengan Keyword Turunan yang dimana disini memiliki tingkat persaingan yang lebih rendah dari keyword utamanya yaitu “Menurunkan Berat Badan” dan tentunya para visitor ini akan memilih keyword turunan tentang “Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat” Ia bukan?.

Read More

Cara Memilih Keyword

Seperti pada gambar diatas, ketika saya mengetikan “Menurunkan Berat Badan” terdapat banyak sekali keyword suggest yang bisa kalian pilih untuk membuat sebuah artikel. Pemilihan keyword yang sesuai akan membantu website ataupun blog kalian untuk menempati Page One di Search Engine Google.

Berikut Cara memilih Keyword Yang Tepat Untuk pemula

  • Gunakan Keyword Utama

Cara Riset Keyword

Disini saya akan menggunakan tools dari Ubbersugest. Maksud dari tujuannya ini ialah agar kalian dapat menentukan keyword suggesti yang akan muncul ketika kalian mengetikan keyword utamanya. Jika kalian masih pemula, apalagi blog yang kalian kelola ini masih seumur jagung serta DaPa nya kecil maka blog yang kalian kelola ini akan sangat sulit untuk berada di posisi Pertama halaman Google.

Baca Juga 5 Dampak Negatif Jingling dan Cara Mengatasinya

  • Perhatikan Keyword Turunannya

Cara Riset Keyword

Cara Memilih Keyword selanjutnya ialah gunakan keyword turunan, Kenapa? Keyword turunan yang akan kita gunakan ini akan sangat bagus untuk meranking artikel kita, dikarenakan pada keyword turunan ini terdapat persaingan yang lebih sedikit, namun yang kalian perlu ketahui ialah keyword turunannya tersebut harus memiliki volume pencarian walaupun sedikit. Mengapa? Bila blog yang kalian kelola ini masih baru, maka akan sangat sulit untuk mencapai posisi Page One karena persaingannya yang besar, kecuali pada artikel tersebut kalian telah menggunakan bahasa SEO.

Baca Juga Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

  • Pengecekan Search Volume

Pada kasus ini saya sarankan menggunakan tools Ubbersugest, selain penggunaannya yang gratis kita juga bisa melihat Search Volume (Volume Pencarian), CPC, Tingkat Kesulitan SEO dan lain sebagainya yang sangat membantu dalam menentukan sebuah kata kunci yang akan kita jadikan sebuah artikel nanti.

Saya sarankan bila blog kalian ini yang masih baru dan belum tersentuh dari backlink, maka kalian perlu mencari keyword turunan dengan Search Volume <1000, agar artikel kalian ini sedikit lebih mudah untuk mencapai Page One Google.

  • Pilih Keyword Turunan Yang Cocok Denganmu

Setelah melakukan pengecekan volume pencarian pada kata kunci tersebut, sekarang kalian harus memilih keyword yang cocok untuk kalian gunakan, Percuma kan bila keyword turunan tersebut tidak kalian kuasai? akan sangat sulit pastinya dalam memilih kata-kata yang cocok untuk keyword tersebut. Di Ubbersugest sendiri kalian sudah disediakan berbagai keyword suggest yang bisa kalian pilih untuk artikel yang kalian tulis.

Baca Juga Panduan Lengkap Cara Mendaftarkan blog di Google Search Console / Webmaster Tools

  • Amati Web Kompetitor Yang Berada Di Page One

Setelah kalian disini sudah melakukan hal-hal diatas, langkah terakhir ialah mengamati website kompetitor yang memiliki keyword yang sama dengan kita. Pelajari tentang dimana setiap peletakan keyword-keywordnya, struktur artikelnya, serta berapa banyak keyword turunan yang dipakai di artikel tersebut.

Perlu kalian ketahui biasanya web kompetitor ini memakai keyword utama dan diselingi >2 keyword turunan yang biasanya berada di Awal, Tengah dan Akhir paragraf. Memang untuk awal-awalnya agak sedikit sulit, namun setelah kalian sudah terbiasa, maka akan mudah kok untuk kalian dalam memahami seluk beluk tentang Cara Memilih Keyword yang tepat dan cocok.

  • Backlink Kalau Perlu

Setelah melakukan cara memilih keyword diatas, namun belum berada di posisi page one, kalian juga bisa menaruh backlink para artikel tersebut, tetapi dengan sebuah blog yang memiliki Autority Domain yang besar (Dipercaya). Serta kalian juga harus memperbaiki SEO OnPage dan juga OFFPage, karena ketiga hal tersebut sangat penting dilakukan ketika kalian sudah memilih keyword yang tepat namun belum berada di halaman satu google.

Penutup

Sekian tentang artikel Cara Memilih Keyword yang tepat dan cocok untuk kalian para pemula, yang mungkin disini dapat membantu kalian agar bisa berada di Page One Google. Bila ada hal yang belum kalian ketahui, kalian bisa menulisnya di kolom komentar. Sekian, Terma Kasih.

Related posts