Cara Singkat Memperpanjang SIM Terbaru 2020

  • Whatsapp

Blogermoe – Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara singkat untuk memperpanjang SIM atau Surat Ijin Mengemudi yang akan mati. SIM ini digunakan untuk memperbolehkan kita berkendara di jalan raya, Namun bila SIM yang kita miliki pasti hati kita akan was – was akan terjadinya sebuah tilangan.

Berikut Cara Singkat Memperpanjang SIM terbaru 2020

1. Foto Copy KTP & SIM

memperpanjang sim

Sebelum kalian melakukan tes, kalian dianjurkan memfoto copy KTP dan juga SIM yang akan kalian perpanjang, bila pada SIM pertama kalian terdapat sebuah kesalahan jangan panik, sebagai contoh kesalahan pada nama kalian. Dulu saya juga mengalaminya dan saya sendiri tidak menanyakan ke pihak polres bahwa terjadi kesalahan pada SIM saya dahulu. Bila kalian menanyakannya bisa jadi mereka akan curiga bahwa itu bukan SIM milik anda sendiri. FC KTP & SIM sebanyak 3 lembar. 1 untuk tes psikologi 2 lembar diberikan saat pendaftaran perpanjang SIM.

2. Tes Psikologi

Cara memperpanjang SIM berikutnya ialah dengan Tes Psikologi. Tes Psikologi ini merupakan hal yang baru terjadi di tahun 2020 ini. Pada tes ini hanya memerlukan waktu yang amat singkat namun terkadang banyak orang yang melewatinya dan malah menunggu antrian di cek kesehatan yang notabennya lama. Tes Psikologi ini kalian hanya disuruh pilih Ya atau Tidak di setiap pertanyaan. Untuk para penyelenggara pastinya mereka menyuruh unruk memilih yang sesuai dengan kriteriamu, namun saya sarankan untuk memilih jawaban yang TERBAIK agar kalian bisa lolos dari tes ini. Untuk Biayanya sendiri Rp 50.000,00

3. Tes Kesehatan

Nah, pada tes ini untuk saya infokan lebih baik kalian sudah tau golongan darah kalian, jika tidak maka kalian akan dikenakan biaya tambahan untuk tes darah dan kemudian kalian akan diarahkan ke tes tekanan darah serta tes yang terakhir ialah tes Penglihatan. Pada tes penglihatan ini sebenarnya cukup mudah, kalian hanya perlu untuk menyebutkan huruf yang ditentukan oleh dokternya. Di tes ini terdapat dua tipe yaitu menyebutkan huruf dari ukuran yang besar hingga ke yang kecil dan menyebutkan angka yang tertutupi oleh titik – titik warna.

4. Transfer

Pada langkah ini, kalian hanya cukup menstransfer sejumlah uang sebesar Rp 75.000,00 ke Bank BRI.

5. Isi Formulir

Pada tahap ini kalian tulis beberapa data yang terdapat pada lembar kertas formulir perpanjang dengan data yang terdapat di KTP kalian.

6. Foto

Setelah berkas – berkas formulir tadi sudah di tulis semuanya, kalian serahkan kembali ke loket perpanjangan dan menunggu giliran untuk foto.

Pada tahun 2020 ini hanya Tes Psikologi saja yang terbaru, untuk yang lainnya masih tetap sama seperti yang dulu. Simple bukan??? Semoga artikel cara singkat memperpanjang sim ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian. Untuk pendaftaran via Online bisa kalian kunjungi web resminya di polri.co.id.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *