5 Cara Riset Keyword Gratis Untuk Pemula

  • Whatsapp

Cara Riset Keyword ini sangat penting untuk kalian agar dapat menentukan kata kunci yang tepat saat menargetkannya pada pengunjung. Sama seperti yang saya singgung di artikel Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas disana sempat saya menulis tentang mencari keyword yang potensial itu sangatlah penting, sebelum kalian disini menulis sebuah artikel di blog maupun website kalian.

Menemukan sebuah kata kunci yang tepat sasaran juga merupakan hal yang sangat penting serta akan berpengaruh pada mesin pencarian google (Search Engine). Maka dari itu setiap penulis ini diwajiban untuk mencari sebuah kata kunci atau Keyword yang tepat yang sesuai para pengunjung inginkan agar dapat mendatangkan visitor.

Read More

Kemudian jika kalian disini sudah menemukan sebuah Keyword yang tepat, maka disini kalian perlu selidiki terlebih dahulu persaingannya di Search Engine, Apakah artikel yang kamu buat ini bisa berada di Halaman pertama (Page one) Google atau tidak. Perlu kalian ketahui, rata-rata orang hanya akan mengunjungi sebuah artikel yang berada di Page One saja itupun juga berlaku pada diri saya sendiri😅.

Apalagi jika artikel yang kalian buat ini berada di First Result (FR) Search Engine, maka kemungkinan besar akan mendatangkan sebuah trafik yang sangat besar kepada blog kalian.

Berikut Cara Riset Keyword Gratis Yang Cocok Untuk Pemula

  • Search Volume (Banyaknya Tingkat Pencarian)

Search Volume merupakan sebuah tingkat pencarian kata kunci yang dicari oleh para pengunjung dan biasanya pada setiap tools keyword akan menampilkan sebuah data pencarian dalam sebulan terakhir. Misalnya jika di dalam tools tersebut menampilkan Search Volume 1000, maka dalam sebulan terakhir banyaknya orang mencari keyword tersebut ialah 1000 kali di Search Engine atau mesin pencarian google.

Penting

Carilah Search Volume <1000, terutama untuk kalian para pemula yang ingin berada di page one. Mengapa? Dikarenakan Blog atau Web yang kalian buat ini masih bayi alias masih awam serta belum terisi dengan Backlink agar dapat bersaing melawan para Mamoth (Blog-blog Besar) di Search Engine.

Baca Juga 5 Dampak Negatif Jingling dan Cara Mengatasinya

  • Difficult Keyword (Tingkat Kesulitan Kata Kunci)

Keyword Difficult ini menunjukan seberapa sulit sebuah tingkata kata kunci tersebut agar dapat berada di Page Onenya Google. Semakin banyak angka yang dikeluarkan di Keyword Difficult ini maka tingkat kesulitannya pun semakin sulit untuk kalian agar dapat berada di Halaman Depan search engine, serta semakin banyak pula Backlink yang akan kalian gunakan bila angka tersebut menunjukan angka yang tinggi. Umumnya menunjukan angka dari 0-100.

  • Suggestion Keyword (Sugesti Kata Kunci)

Keyword Suggestion merupakan sebuah sugesti kata kunci untuk kalian gunakan, biasanya ini berisi >3 kata yang merujuk pada kata kunci yang kalian cari. Misalnya saya disini menentukan sebuah kata kunci “Menurunkan Berat Badan” Nah pada Tools tersebut menunjukan kata kunci seperti “Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat“, “Menurunkan Berat Badan Secara Alami“.

Biasanya hal itu disebut dengan Long Tail Keyword. Apa itu Long Tail Keyword? Long Tail Keyword merupakan sebuah kata kunci yang umumnya memiliki lebih dari 3 kata kunci yang sama seperti pada kata kunci diatas yang memiliki 5 kata.

Dibandingkan dengan kita menulis kata kunci seperti “Menurunkan Berat badan” saja, maka hal tersebut tidak akan menarik perhatian para pengunjung, berbeda dengan “Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat“. Jadi kalian ini diharuskan untuk menulis sebuah kata kunci suggestion. Mengapa? Coba kalian perhatikan Kata kunci utama dan kata kunci Suggestinya, Pastinya para pengunjung akan mengunjungi kata kunci suggestinya walaupun search volumenya lebih rendah dibandingkan dengan Keyword Utamanya.

Berikut Tools Yang Cocok Untuk Riset Keyword & Free

Cara Riset Keyword

Ubbersugest ini merupakan sebuah tools yang dimiliki oleh seorang ternama yaitu Neil Patel. Penggunaannya pun cukup mudah dan tentunya kalian tidak perlu membayar sepersenpun untuk menggunakan tools ini. Cara Riset Keyword menggunakan tools ini cukup mudah, kalian hanya perlu mengetikan sebuah kata kunci dan juga target pengunjung saja pada halaman depannya.

Ubbersuget pun akan memberikan sebuah informasi tentang Suggestion keyword, Search Volume, CPC, Difficult keyword yang tentunya akan memudahkan kalian dalam pengambilan sebuah kata kunci. Misalnya saja saya disini menggunakan sebuah kata kunci “Menurunkan Berat Badan“. Maka hasilnya seperti gambar di bawah ini :

Cara Riset Keyword

Dapat kita lihat bahwa disana untuk kata kunci “Menurunkan Berat Badan” memiliki Volume Pencarian sebesar 8.100. Angka ini menunjukan seberapa sulit untuk kita bersaing di mesin pencarian terutama untuk kalian yang masih baru di blogger. Akan saya sarankan untuk kalian ini untuk menggunakan kata kunci “Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat” dimana disitu menunjukan Volume Pencarian sebesar 1300.

Baca Juga Panduan Lengkap Cara Mendaftarkan blog di Google Search Console / Webmaster Tools

Cara Riset Keyword

Coba kalian bayangkan jika blog yang kalian buat ini harus bersaing dengan para kompetitor di tingkat pencarian 8.100 dibandingkan dengan para kompetitor yang tingkat pencariannya 1.300. Maka dari hal tersebut, kalian akan lebih mudah untuk menduduki posisi Page One pada tingkat pencarian 1.300 kompetitornya lebih sedikit dibandingkan dengan yang Search Volumenya 8.100.

Cara Riset Keyword

Google Trends sendiri fungsinya hampir sama dengan ubbersugest, namun kekurangannya ialah di Google Trends ini tidak tersedianya CPC dan juga Volume Pencarian yang sangat kita butuhkan untuk bersaing di Search Engine.

Tetapi tenang saja di Google Trends ini juga menyediakan Keyword Suggestion yang pastinya akan dapat membantu kalian untuk menentukan Long Tail Keyword yang sesuai untuk kata kunci yang kalian cari.

Cara Riset Keyword

Cara Riset Keyword selanjutnya ialah menggunakan Tools Moz. Agar kalian disini mendapatkan fitur-fiturnya kalian cukup mendaftarkan email kalian di situs Moz ini. Setelah kalian mendaftarkan email kalian disini, kalian diperbolehkan untuk meriset keyword hanya sebanyak 10x saja dalam sehari, Jadi gunakanlah dengan bijak.

Seperti pada gambar diatas kita dapat melihat cara riset keyword menggunakan akun gratis ini tidak maksimal, Kenapa? Karena di akun gratisnya ini tidak menampilkan Search Volume bulanannya, yang dimana hal ini sangat penting untuk kita melakukan Riset Keyword.

Namun disini kita ditampilkan keyword suggestion yang dimana disana terlampir juga DaPa dari sang kompetitor yang dimana hal tersebut sangat penting untuk kita agar dapat bersaing melawan para Mamoth (blog-blog besar) di Page One.

Cara Riset Keyword

Tools Keyword Gratis selanjutnya ialah SEMrush. Sebelum kalian disini menggunakan tools gratisnya ini, kalian diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu, tenang aja ini juga gratis kok serta tak memakan waktu yang lama. Selain itu juga, kalian disini juga akan diperlihatkan berbagai blog-blog mamoth yang berada di page one google. Namun, yang sangat disayangkan dari tools nya ini, ialah kita tidak dapat melihat keyword suggestion yang tak sebanyak di Ubbersugest.

Baca Juga Cara Membuat Blog di Blogger Cocok Untuk Pemula

Selain Google Trends, Google juga telah menyediakan berbagai macam keyword yang kalian butuhkan, disini kalian cukup menulis kata kunci yang kalian ingin cari di pencarian, disana pasti akan muncul berbagai Long Tail Keyword untuk kalian gunakan dalam riset keyword. Kekurangannya sendiri ialah disini tidak terdapat CPC, Search Volume bulanan yang pastinya akan mengurangi kemungkinan blog kita agar dapat di page One.

Saran Yang Boleh Kalian Ambil

Untuk sarannya ini relatif bisa kalian ambil ataupun tidak, karena disini bisa juga mendapatkannya secara gratis maupun berbayar tergantung pada diri kalian punya budget lebih ataupun tidak. Yaitu menggunakan Backlink. Apa itu Backlink? Backlink sendiri ialah sebuah link masuk tetapi dari blog atau web orang lain.

Mencari Backlink sendiri jangan asal-asalan, Backlink disini juga dapat menurunkan performa blog kalian di search engine jika kalian salah memilih backlink. Untuk memilih sebuah backlink yang berkualitas biasanya mereka yang menggunakan domain .Edu (Edukasi) agar dapat meningkatkan DaPa pada blog kalian.

Jangan tergiur dengan DaPa tinggi tetapi pada blog tersebut memiliki Spam Score yang tinggi, relatifnya Spam Score <70%, tetapi saya sarankan untuk memilih yang kisaran 0-1% saja.

Kesimpulan

Kelima situs riset keyword gratis diatas merupakan sebuah tools yang sering saya gunakan dalam menentukan sebuah Keyword yang akan saya tulis pada setiap artikel. Saya sendiri juga sangat menyukai hal-hal yang berbau Gratisan😅 yang tentunya tidak membuat dompet kita kering.

Demikian artikel yang saya buat mengenai Cara Riset Keyword Gratis Untuk Pemula, Temukan berbagai macam keyword di 5 tools yang saya berikan tersebut untuk kebutuhan riset keyword kalian. Semoga artikel yang saya buat ini dapat bermanfaat bagi kalian, Sekian Terima Kasih.

Related posts