10+ Tempat Wisata di Minahasa Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

5 min read

tempat wisata di Minahasa Selatan

Blogermoe.com – Berlibur ke tempat wisata di Minahasa Selatan kita akan menyaksikan berbagai objek wisata alam yang mengagumkan. Kota dengan keindahannya ini hadirkan deretan objek wisata alam yang bisa membuat siapa saja enggan untuk pulang dari wisata alamnya ini.

Tempat Wisata Di Minahasa Selatan yang Wajib Dikunjungi

Di tempat ini ada puluhan destinasi tujuan wisata Minahasa Selatan yang bisa kalian kunjungi. Bukan hanya destinasi wisata alamnya saja tapi pilihannya pun terdapat sangat banyak. Di sekitar Minahasa Selatan ini juga ada berbagai destinasi dan aktivitas langka mulai dari susur gua, persawahaan sampai danau dan masih banyak objek lainnya.

Dan berikut referensi terpopuler yang harus kalianmasukan ke dalam list unggulan ketika berada di destinasi wisata di daerah Minahasa Selatan.

1. Pantai Ujong Kareung

Tempat wisata di Minahasa Selatan yang bagus untuk dikunjungi pertama yaitu Pantai Ujong Kareung. Lokasinya berada di dusun Suwak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

Pada tahun 2004 silam, pantai ini pernah diratakan oleh gelombang Tsunami. Walaupun begitu, tidak mengecilkan daya tariknya, hal ini terbukti dari banyaknya pelancong yang masih suka membuang waktu di pantai ini.

Nama ” Pantai Ujong Kareung “ ialah bahasa yang berasal dari Aceh yang bermakna ” Pantai Ujung Karang “. Namanya tersebut sesuai dengan lokasinya yang berada di ujung Kota Meulaboh, serta terbentuk dari batu karang.

2. Pantai Lhok Bubon

Tempat wisata di Minahasa Selatan yang wajib untuk dikunjungi wisatawan berikutnya adalah Pantai Lhok Bubon. Tempatnya tepat di Desa Lhok Bubon, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

Pantai yang tempatnya berjarak kurang lebih 8 kilometer dari pusat Kota Meulaboh ini memberikan sebuah pantai yang ” cukup ” keren dengan keindahan pasir putih bersih, serta air laut berwarna biru tosca yang sangat bersih.

Dan yang lebih penting lagi, pantai ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung, mulai dari tempat parkir kendaraan, kamar mandi, toilet, musholla, sampai tempat makan, dan lain sebagainya.

3. Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh

Kota Meulaboh di Minahasa Selatan juga memiliki sebuah masjid megah, yang wajib dijadikan sebagai tujuan wisata religi untuk wisatawan muslim, yaitu Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh.

Keagungan masjid ini pasti dapat membuat siapa saja terkagum-kagum. Hal ini sangat wajar melihat sebab Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh merupakan salah satu masjid tercantik di Indonesia.

Jika anda ingin tahu seperti apa keindahan masjid ini? Anda dapat melihatnya langsung di Jalan Imam Bonjol No.100, Dusun Drien Rampak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

4. Pantai Kasih

Banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan ketika pergi ke Pantai Kasih di Jalan Sudirman, Desa Pasar Aceh, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh ini.

Pasalnya, kawasan wisata yang satu ini tidak hanya memberikan pantai sebagai tempat wisatanya. Tapi juga menawarkan beberapa tempat wisata sejarah peninggalan perang dunia kedua seperti benteng, meriam, dan lainnya.

Bukan hanya itu saja, disekitar daerah wisata ini juga banyak terdapat warung makan yang menawarkan berbagai makanan khas Aceh seperti mie kepiting, sate gurita, bakpia, dan lain sebagainya.

5. Pantai Suak Ribee

Menghabiskan waktu liburan di Minahasa Selatan itu belum sempurna rasanya jika belum menikmati kelezatan kopi khas Minahasa Selatan. Kopi khas Minahasa Selatan tersebut semakin nikmat apabila diminum dipinggir pantai yang cantik.

Sensasi seperti itulah yang akan kalian dapatkan seandainya berkunjung ke Pantai Suak Ribee di Jalan Sudirman, Desa Pasar Aceh, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh ini.

Pasalnya, di sepanjang jalan menuju ke tempat pantai ini, para wisatawan akan banyak mendapatkan warung dan cafe, yang memberikan berbagai jenis masakan khas aceh, salah satunya ialah kopi khas aceh.

6. Tugu Kupiah Teuku Umar

Tempat wisata di Minahasa Selatan yang wajib untuk didatangi wisatawan berikutnya yaitu Tugu Kupiah Teuku Umar. Tugu Kupiah Teuku Umar ialah sebuah tugu pahlawan untuk mengingat jasa-jasa Teuku Umar.

Lewat tugu pahlawan ini, para turis dapat mempelajari lebih dekat dengan salah satu pahlawan Indonesia ini. Pasalnya, di tugu pahlawan ini diceritakan tentang perjuangan Teuku Umar dalam memperjuangkan kemedekaan Indonesia.

Jika kamu ingin tahu dengan tugu pahlawan ini? Kamu dapat berkunjung langsung di Desa Meulaboh, Kecamatan Kuta Padang, Kabupaten Aceh Barat. Biasanya, tempat ini dibuka 24 jam setiap harinya.

7. Danau Geunang Geudong

Tempat wisata kabupaten Minahasa Selatan di Provinsi Aceh juga memiliki sebuah tempat wisata berupa danau yang menakjubkan, yang patut dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para turis, yaitu Danau Geunang Geudong.

Danau yang berada di Desa Putim, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Minahasa Selatan, Aceh ini dikatakan masih perawan, serta keberadaannya belum banyak diketahui oleh pengunjung, sehingga sepi dari pengunjung.

Padahal, pemandangan yang disuguhkan oleh danau ini lewat hamparan air yang sebagian permukaannya dikelilingi oleh bunga-bunga cantik yang sangat eksotis.

8. Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar

Kamu ingin berlibur ziarah di Minahasa Selatan sambil mengenang salah satu pahlawan nasional dari Minahasa Selatan? Silahkan kunjungi Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar di Desa Mugo Rayeuk, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar ini masuk ke dalam kawasan hutan lindung di Kabupaten Minahasa Selatan. Walaupun begitu, lokasinya sangat mudah dijangkau serta dapat dicapai dengan mengunakan kendaraan.

Lebih menariknya lagi, para wisatawan juga dapat menemukan sebuah pohon besar yang selalu mengeluarkan air (walaupun pada musim kemarau) di komplek Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar ini.

9. Krueng Tutut

Dibandingkan dengan berbagai objek wisata lainnya di Kabupaten Minahasa Selatan, Krueng Tutut ialah tempat wisata yang lokasinya paling jauh dari pusat Kota Minahasa Selatan, yaitu kurang lebih 60 kilometer.

Walaupun begitu, objek wisata yang lokasinya berada di Desa Tanoh Mirah, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Minahasa Selatan, Aceh ini memberikan sebuah kecantikan yang benar-benar mempesona.

Hanya saja, tempat wisata yang satu ini belum terlalu dikenal luas dikalangan para pengunjung. Sehingga, tidak terlalu mengherankan, jika tempat wisata ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

10. Pantai Lhok Geudong

Objek wisata di Minahasa Selatan yang juga wajib untuk dikunjungi pengunjung berikutnya yakni Pantai Lhok Geudong. Lokasinya disekitar di Dusun Indra Puri, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Minahasa Selatan, Aceh.

Pantai Lhok Geudong menghadap langsung ke Sumadra Hindia, inilah yang membuat tempar wisata di Minahasa Selatan pantai ini begitu menarik. Deretan pohon-pohon disekitar pantainya juga ikut memperindah pantai ini.

Tak hanya itu saja, pada sore harinya suasana di pantai ini akan menjadi lebih berbeda lagi. Pasalnya, bibir pantai ini akan dipenuhi dengan perahu-perahu para nelayan yang kembali setelah melaut.

11. Pantai Lanaga

Pantai yang berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat Kota Minahasa Selatan, atau lebih tepatnya berada di Dusun Peunaga Rayeuk, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Minahasa Selatan, Aceh ini ialah salah satu pantai terindah di Kabupaten Minahasa Selatan.

Selain itu, kawasan wisata pantai ini juga menyimpan sejumlah perlengkapan untuk olahraga air. Sehingga, tidak terlalu takut apabila objek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung.

12. Lapangan Teuku Umar

Tempat wisata di Minahasa Selatan yang bagus untuk didatangi terakhir yakni Lapangan Teuku Umar. Tempatnya berada di Desa Suwak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Minahasa Selatan, Aceh.

Selain difungsikan sebagai tempat pelaksanaan beragam kegiatan pemerintahan Kota Minahasa Selatan, lapangan ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan berbagai perlombaan seperti turnamen sepak bola, dan lainnya.

Lebih menakjubkannya lagi, Lapangan Teuku Umar juga bersebelahan dengan beberapa cafe seperti Muara Cafe, Sunrise Cafe, dan lainnya, sehingga lapangan ini sangat diprimadonakan sebagai tempat nongkrong di Kota Minahasa Selatan.

Manfaat Liburan ke Tempat Wisata di Kabupaten Minahasa Selatan Bagi Kesehatan

Liburan memiliki peran yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh dan mental. Tanpa rekreasi, maka hidupmu tak akan seimbang, serta keseimbangan antara kerja dan liburan itu penting banget lho. Apa saja manfaat liburan untuk kesehatan? Mari kita simak lebih lanjut!

1. Meningkatkan Produktivitas

Masing-masing orang pasti memiliki batasan tersendiri. Jika kalian bekerja melebihi dari batas kemampuanmu, maka hasilnya malah tidak akan maksimal. Nah manfaat liburan untuk kesehatan ini bisa menjadi jalan keluar dari permasalahan ini. Jika kalian pergi berlibur, maka produktivitas kamu dalam bekerja di kantor akan menjadi seperti semula.

2. Liburan Bikin Kamu Panjang Umur

Dengan berlibur ke tempat wisata di Minahasa Selatan, beban pikiran anda menjadi berkurang. Ketika berlibur ini Kamu benar-benar mengistirahatkan pikiran serta mental dari kesibukan sehari-hari. Dengan ini kesehatan serta kesejahteraan diri kalian akan menjadi lebih baik dalam jangka panjang.

3. Dapat Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat liburan untuk kesehatan selanjutnya ialah meningkatkan konsentrasi serta efektivitas cara berpikir kamu, bahkan dalam jangka panjang sekalipun. Ketika kalian menyempatkan waktu untuk melepas letih dengan pergi berlibur dari rutinitas sehari-hari, maka kalian nantinya akan dapat kembali bekerja dengan lebih percaya diri serta siap untuk menerima tantangan baru yang lebih tinggi.

4. Bisa Meningkatkan Kreativitas

Faktanya orang paling inovatif pun perlu liburan ke tempat wisata di Minahasa Selatan. Anda pastinya butuh separuh dari waktumu untuk tidak memikirkan pekerjaan sehari-hari. Berpikir merupakan suatu kegiatan yang cukup menguras tenaga.

Oleh sebab itu kalian butuh untuk sejenak beristirahat dengan pergi berlibur supaya otak anda dapat kembali pada potensi maksimalnya. Dengan berlibur, nantinya otakmu dapat berpikir dengan segar kembali serta bisa menghasilkan solusi terbaik.

5. Membuat Kamu Lebih Bahagia

Setiap orang pasti tahu jika liburan ke tempat wisata di Minahasa Selatan dapat membuatmu lebih bahagia. Lebih bagusnya lagi, kebahagian yang kamu rasakan setelah balik dari liburan tersebut pastinya akan menular ke teman-teman kerja sekantormu, apalagi jika anda berangkat liburan bersama dengan mereka. Dengan demikian suasana di kantor pasti jadi lebih seru.

6. Bisa Meningkatkan Energi

Sebuah penelitian lain menunjukkan bahwa manfaat liburan ke tempat wisata Minahasa Selatan dapat membuat tubuh kamu menyimpan energi dengan lebih banyak. Dengan demikian, ketika kamu kembali bekerja sehabis berlibur, semua pekerjaan akan terasa lebih gampang bagi mu.

Oleh sebab itu jangan anggap remeh liburan ya. Ketika kalian pergi liburan, kemudian kembali, kamu akan merasa lebih rileks serta siap melahap semua tugas yang diberikan padamu.

7. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Manfaat liburan ke tempat wisata di Minahasa Selatan terakhir adalah menekan risiko terkena serangan jantung. Seperti yang kita ketahui bahwa pergi berlibur dapat mengatasi tingkat stresmu, dan hal tersebut berkaitan sangat erat dengan menurunnya risiko serangan jantung.

Penutup

Demikian rekomendasi tempat wisata di Minahasa Selatan yang dapat kami sampaikan. Berlibur ke tempat wisata di Minahasa Selatan sangat penting bagi kesehatan anda terutama bagi anda yang merupakan pekerja kantoran. Oleh karena itu jangan pernah lupakan untuk berlibur di akhir pekan ya sobat.

Kata Kunci : tempat wisata di Minahasa Selatan, lokasi tempat wisata di Minahasa Selatan, objek wisata di Minahasa Selatan, tempat wisata daerah Minahasa Selatan, tempat wisata di kabupaten Minahasa Selatan